SEHAT UNTUK IBADAH


Suasana RS Khusus Bedah Karima Utama tampak semarak, Minggu (29/09). Hari itu, seluruh karyawan beserta keluarga berkumpul untuk mengikuti pengajian karyawan dengan tema Sehat untuk Ibadah. Acara yang dimulai dengan pembacaan ayat Al-Qur’an itu telah mulai sejak pagi.

Pada kesempatan itu, Ustadz,dr Agus Ali Fauzi,PGD,Pall,Med (ECU) . yang menjadi pemateri. Beliau menyampaikan untuk berpikir positif, senyum, sabar dan ikhlas, rupanya dapat membuat kita terhindar dari penyakit mematikan seperti stroke, diabet dan hipertensi.

Menurut beliau, ada tiga hal yang mengancam kesehatan. Yakni hati, kebiasaan dan makanan. Hati mempengaruhi kesehatan sebanyak 70 persen, baru kemudian sisanya 10persen untuk kebiasaan dan 20persen untuk makanan.

Instalasi yang dipimpinnya menangani pasien kronis yang sudah tidak bereaksi pada pengobatan kuratif atau yang penyakitnya sudah masuk stadium akhir. Sehingga dia berpengalaman memberikan kemajuan bagi pasien melalui penanangan psikologis dan spiritual.

Aspek hati ini dijelaskan beliau meliputi aktifitas yang dilandasi pikiran positif. Seperti senyum, sabar, ikhlas, dan banyak bersyukur.

“Bersedekahlah dengan senyum, menajaga hati dengan sabar dan ikhlas akan sangat membantu kita terhindar dari stroke, diabet dan hipertensi. Selanjutnya dengan istirahat yang cukup, asupan gizi yang cukup dan rutin berolahraga, “

beliau menjelaskan, dengan kita tersenyum ikhlas, membahagiakan hati, hidup kita akan lebih bergairah dan semangat. sejumlah hormon akan meningkat.

Selain itu, secara ilmiah, aktifitas positif ini menurut beliau bisa menaikkan hormon endorphin. Senyawa kimia yang diproduksi saat kita tertawa bahagia ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Sebagai dokter paliatif, dr Agus selalu berusaha meringankan penderitaan pada pasien-pasien dengan penyakit kronis. Ia juga mengupayakan agar pasien tetap selalu punya semangat hidup. Spirit, baginya sangat penting dalam pengobatan.

“Sehat itu dari pikiran. Harus selalu fresh, harus bersyukur,”