Penerapan 5R Pada Rumah Sakit


Tempat kerja yang rapih dan memiliki standar, menjadikan salah satu faktor meningkatnya efisiensi kerja. Area kerja yang tertata dengan baik akan memudahkan karyawan dalam menyelesaikan pekerjaannya dengan baik dalam waktu yang singkat, dan hal ini bisa didapatkan jika penerapan konsep 5R dijadikan kebudayaan bagi setiap karyawan.

Membangun budaya 5R di lingkungan kerja rumah sakit merupakan cara awal bagaimana perusahaan melaksanakan serta mempraktekan konsep lean pada aktivitasnya.Prinsip 5R yaitu: Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin memang di design untuk mengurangi pemborosan terutama pada tahap pencarian.

Penerapan budaya 5R merupakan pondasi dasar yang harus dijalankan sebelum menjalankan sistem lean, melalui konsep 5R akan memudahkan karyawan dalam mengidentifikasi permasalahan yang akan timbul atau preventing. Banyak berpendapat bahwa konsep 5R hanya butuh pelaksanaan dan tidak dibutuhkan analisis, akan tetapi berdasarkan pengalaman pengimplementasian 5R untuk menciptakan budaya tersebut justru dibutuhkan pendalaman serta pedoman.