Nyeri Punggung


Nyeri punggung (Inggris: lumbal strain) adalah nyeri punggung yang terjadi secara spontan dan memiliki derajat nyeri yang cukup tinggi sehingga bisa menimbulkan gangguan aktivitas dan postur tubuh. Penyebabnya adalah postur yang tidak ideal (terlalu gemuk/buncit), trauma yang terjadi di daerah punggung atau bokong, gerak tubuh yang salah, dan kurang peregangan.

Nyeri punggung biasanya dialami orang usia lanjut, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa anak remaja dan dewasa juga dapat menderita nyeri punggung. Oleh karenanya, RS Karima Utama mengadakan kegiatan penyuluhan kesehatan tentang nyeri punggung yang bertujuan untuk memberikan suatu informasi kepada pengunjung dan keluarga pasien mengenai nyeri punggung. Penyuluhan kesehatan yang disampaikan oleh pemateri berisi pengertian, sebab, cara perawatan dan cara pencegahan nyeri punggung.

Kegiatan penyuluhan kesehatan pada Jumat, 3 Maret 2016 di ruang tunggu poliklinik RS Karima Utama dengan pemateri dari unit Fisioterapi, telah dilaksanakan dengan lancar berkat dukangan dari semua unit terkait dan partisipasi dari pengunjung dan keluarga pasien yang hadir. Penyuluhan ini mendapat respon yang positif dari pasien dan pengunjung. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya keluarga pasien dan pengunjung yang mengikuti acara tersebut. Tidak hanya itu, karena didukung rasa ingin tahu dari pengunjung dan keluarga pasien, mereka sangat antusias mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada pemateri mengenai nyeri punggung ini sehingga terciptalah komunikasi yang posif dari pemateri dengan audien.

Dengan pemberian informasi terkait nyeri punggung ini, diharapkan pengunjung dan keluarga pasien tidak hanya tahu, melainkan juga paham tentang penyebab dan cara perawatan nyeri punggung sehingga dapat menerapkan perilaku pencegahan yang benar sesuai dengan anjuran pemateri agar tidak terserang nyeri punggung. Untuk kedepannya, RS Karima Utama akan mengadakan penyuluhan kesehatan secara rutin setiap hari jumat pukul 10.00 di ruang tunggu poliklinik dengan materi yang berbeda.