RSKU dan Operasi Pengganti Sendi Lutut (Total Knee Replacement)


Melakukan operasi bedah adalah keputusan yang berat dan penuh kehawatiran. Itulah yang terbersit dalam benak kita dari sudut pandang sebagai pasien. Maka biasanya setelah menganjurkan tindakan operasi, dokter akan memberikan waktu yang cukup banyak kepada pasien untuk berpikir. Begitu juga ketika akan dilakukan operasi pengganti sendi tulang lutut.

Bila dokter menganjurkan untuk dilakukan tindakan operasi maka pasien akan diberikan waktu yang cukup untuk berpikir dan jangan mengambil keputusan secara terburu-buru kerena jenis operasi pengganti sendi lutut ini tidak pernah bersifat darurat. Yang paling penting dilakukan oleh pasien sebelum tindakan operasi adalah persetujuan operasi dari pasien itu sendiri. Selain itu pasien juga harus berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penjelasan yang lengkap mengenai operasi yang akan dilakukan.

 

Begitu banyak faktor yang mempengaruhi operasi penggantian sendi lutut ini, sehingga tidak ada dokter yang dapat memberikan jaminan keberhasilan 100%. Tidak heran juga bila banyak pasien yang meragukan keberhasilan operasi. Sebagian pasien lainnya bahkan dihantui rasa takut karena ada kemungkinan tidak dapat berjalan apabila operasi gagal. Oleh sebab itulah operasi penggantian sendi lutut haruslah dilakukan oleh dokter yang ahli dan kompeten di bidang ini. Tidak seperti operasi sendi panggul yang mempunyai toleransi kesalahan yang masih adpat diterima, operasi penggantian sendi lutut memerlukan presisi yang sangat tinggi.

Manusia hanya bisa berencana, dan Tuhan yang menentukan semuanya.

Untuk menghindari kemungkinan gagal pada operasi pengganti tulang lutut itu sebagian orang memilih melakukan operasi di luar negeri. Amerika, Jerman dan Singapore adalah Negara yang saat ini banyak dijadikan tujuan. Mungkin memang di Negara tersebut sudah mempunyai alat-alat yang canggih tapi coba tanyakan kepada dokter di sana, apakah dokter di sana memberikan jaminan operasi berhasil 100%? Dokter juga manusia. Let’s we think again. Rumah Sakit Karima Utama (RSKU) sudah banyak menangani operasi pengganti tulang lutut dan semuanya berhasil. RSKU bukan di luar negeri, tapi di Solo, Indonesia.

Mari kita pikirkan lagi. Jika di Indonesia juga ada Rumah Sakit dan dokter yang kompeten, jadi untuk apa kita jauh-jauh ke luar negeri. Lagipula jika kita berobat di RSKU, maka akan lebih menghemat biaya transportasi. Lebih baik di sini, rumah kita sendiri.

 

Apakah akibatnya bila pasien menunda operasi penggantian sendi lutut yang sudah dianjurkan?

 

Penundaan operasi penggantian sendi lutut dapat berakibat fatal dan akan memberikan hasil yang lebih buruk oleh karena stadium/perjalanan penyakit akan lebih berat dengan bertambahnya usia. Oleh sebab itu dapat kita lihat bahwa hasil operasi akan lebih baik jika dilakukan pada stadium 4 yang lebih dini dimana kerusakannya belum terlalu berat. Namun dapat dimengerti juga bahwa belakangan ini banyak dokter bedah tulang yang langsung menawarkan operasi penggatian sendi lutut sementara pasien masih berada pada stadium awal, dimana masih banyak pilihan lain yang dapat ditawarkan, seperti injeksi dan athroscopic washout.

Apakah itu osteoarthritis?

Osteoarthritis adalah kelainan sendi dimana terjadi kerusakan progresif pada tulang rawan. Kehilangan tulang rawan ini mengakibatkan hilangnya pelapis permukaan tulang yang mengakibatkan rasa nyeri apabila terjadi sentuhan antara tulang dengan tulang.

Sendi lutut yang normal terbentuk dari 3 bagian. (1). Tulang paha (femur), (2). Tulang kering (tibia) dan (3). Tempurung lutut (patela)

Ketiga tulang ini dilapisi oleh tulang rawan dan diantara tulang paha dan tulang kering terdapat meniscus (batalan tulang). Oleh karena struktur inilah maka sendi lutut dapat bergerak secara leluasa. Oleh karena usia dan penyebab lainnya, tulang rawan dapat mengalami kerusakan. Hal ini akan menyebabkan rasa sakit dan fungsi menjadi terbatas. Tulang rawan yang rusak tidak dapat diganti oleh tulang rawan yang baru, akan tetapi sendi lutut ini dapat digantikan oleh prothese sehingga tidak lagi menimbulkan rasa sakit dan dapat memperbaiki fungsi lutut.

 

Tanda-tanda dan Keluhan

Rasa sakit adalah tanda awal yang pada mulanya terasa pada saat melakukan gerakan bangkit dari posisi duduk ke posisi berdiri, kemudian pada saat turun tangga hingga akhirnya sewaktu tidur terbangun oleh rasa sakit. berkurang atau hilangnya cairan sendi dapat mengakibatkan fungsi lutut berkurang, lutut menjadi kaku terutama pada pagi hari.

Selanjutnya kerusakan/kehilangan tulang rawan sendi dapat berakibat perubahan bentuk kaki menjadi ‘O’ atau ‘X’.

 

Penanganan yang dapat dilakukan:

Apabila perkapuran di daerah persendian belum terlalu banyak dan bentuk kaki belum berubah menjadi ‘O’ atau ‘X’ maka salah satu alternatif penanganannya adalah dengan “Arthroscopy Washout” (pembersihan dan pencucian perkapuran melalui 2 lubang kecil).

Apakah itu arthroscopic washout?

Tujuan daripada operasi ini adalah untuk mengikis atau membuang bagian tulang rawan yang rusak dan tonjolan kapuran di dalam sendi lutut dengan maksud untuk mengurangi rasa sakit selama pergerakan. Kadang-kadang dilakukan pengeboran (drilling) untuk merangsang pertumbuhan tulang rawan baru. Adapun tindakan ini dilakukan pada osteoarthritis yang masih belum terlampau berat.

 

Bagaimanakah prosedur arthroscopic ini?

Dilakukan bius setengah bawah badan (spinal) atau lokal, kemudian denga dua insisi kecil (4mm) dilakukan peneropongan ke dalam sendi lutut. Teropong ini dihubungkan ke video monitor dimana anda sebagai pasien juga dapat melihat tindakan operasi yang dilakukan. Setelah operasi, sangat sedikit pasien yang memerlukan obat penahan sakit karena pada umumnya pasien tidak merasa nyeri setelah operasi. Pasien dapat langsung berjalan, tapi biasanya disarankan untuk memakai tongkat selama beberapa minggu.

 

Siapakah yang menjadi kandidat untuk Total Knee Replacement?

Total Knee Replacement dilakukan pada orang yang menderita osteoarthritis berat. Sebagian besar pasien yang mendapat lutut artifisial berusia di atas 50 tahun, tetapi bisa juga dilakukan pada penderita yang lebih muda untuk kasus yang khusus.

Keadaannya bervariasi, tetapi pada umumnya tindakan ini dilakukan apabila:

– sakit lutut dialami pasien setiap hari

– sakitnya sedemikian parah sehingga membatasi pergerakan untuk melakukan aktivitas

– kekakuan sendi yang signifikan

– ketidakstabilan sendi lutut pada waktu berjalan

– kelainan deformitas yang menonjol (seperti kaki O atau X).

 

Apa yang diharapkan daripada lutut artifisial?

Sudah pasti lutut artifisial tidak seperti lutut normal, akan tetapi operasi ini akan memperbaiki kualitas hidup dengan hilangnya rasa nyeri, kekakuan sendi, dan bentuk sendi lutut yang bengkok.

 

Prosedur Operasi

Dilakukan sayatan vertikal dibagian depan lutut kemudian dilanjutkan dengan pemotongan bagian ujung tulang paha dan tulang kering sedemikian rupa sehingga prothese yang sesuai dapat dipasang pada tempatnya. kemudian dengan sejenis “bone cement”, prothese ini nantinya akan menyatu dengan tulang.

Pada bagian tulang paha dipasang “komponen femoral” yang tebuat dari metal. Bagian tulang kering terdiri dari dua komponen, yaitu “tibial tray” dan “plastic spacer” yang terbuat dari plastik. Dengan demikian sendi lutut yang baru tadi dapat lagi bergerak secara bebas.

Pasca operasi dua buah selang (drains) dipasang di bagian luka untuk digunakan mengeluarkan sisa-sisa darah. Kemudian bekas luka operasi dibalut dengan pembalut tekan. Dilakukan kontrol X-ray untuk menilai kedudukan sebelum pasien pindah ke ruangan.

 

Pasca operasi:

Hari kedua setelah operasi mulai dilakukan fisioterapi dengan mesin “Continuous Passive Movement / CPM” dan latihan berjalan.

Biasanya pasien dapat berjalan pada hari kedua atau hari ketiga dan dapat keluar dari Rumah Sakit pada hari ke empat / hari kelima.

Dokter bedah akan memberikan petunjuk tentang latihan kekuatan dan pergerakan dirumah sampai mencapai hasil fungsi yang memuaskan, dan juga diberikan obat-obat penghilang rasa sakit dan antibiotika.

 

Komplikasi yang mungkin terjadi:

– infeksi, kemungkinannya sangat kecil, sekitar 0.03%

– nabloeding, oleh karena diberikan pembalutan luka yang berlapis, kemungkinan sangat kecil.

 

Kesimpulan:

Pada era milenium ini, dengan segala kemajuan teknologi dan kecanggihan prosthese yang ada di pasaran, operasi pengganti sendi lutut ini bukanlah merupakan suatu operasi yang besar dan menakutkan, apabila dilakukan oleh dokter yang benar-benar ahli. Dan hasil yang lebih sempurna lebih dimungkinkan dengan teknologi tercanggih yaitu dengan bantuan pengarah komputer.