Penggunaan Obat Secara Aman dan Efektif


Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan, Obat adalah bahan atau paduan bahan, termasuk produk biologi yang digunakan untuk mempengaruhi atau menyelidiki sistem fisiologi atau keadaan patologi dalam rangka penetapan diagnosis, pencegahan, penyembuhan, pemulihan, peningkatan kesehatan dan kontrasepsi, untuk manusia.

Jum’at 24 Maret 2017, tim PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit) RS Karima Utama melaksanakan kegiatan rutin yaitu pendidikan kesehatan kepada pengunjung dan keluarga pasien dengan mengangkat tema “Penggunaan Obat Secara Aman dan Efektif”. Pendidikan kesehatan kali ini, disampaikan oleh Sidiq dari bagian Farmasi RS Karima Utama Surakarta.

Kegiatan pendidikan kesehatan yang dilaksanakan di poliklinik 1 RS Karima Utama Surakarta dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan respon yang positif dari para pengunjung dan keluarga pasien. Menurut Sidiq, penggunaan obat secara aman dan efektif harus memperhatikan prinsip DaGuSiBu. DaGuSiBu merupakan kepanjangan dari dapatkan obat dengan benar, gunakan obat dengan benar, simpan obat dengan benar, dan buang obat dengan benar.

Seseorang dalam mengkonsumsi obat, di harapkan selalu berkonsultasi dengan apoteker atau dokter terlebih dahulu, jangan mengkonsumsi obat hanya karena ikut orang lain. Ketika sesorang mengalami reaksi dalam tubuhnya setelah mengkonsumsi obat, hal pertama yang harus di lakukan adalah dengan menghentikan konsumsi obat tersebut. Setelah konsumsi obat di hentikan, selanjutnya hubungi dokter untuk mendapatkan obat lain untuk mencegah meluasnya reaksi obat pada tubuh.

Dengan pemberian pendidikan kesehatan tentang “Penggunaan Obat Secara Alami dan Efektif” di harapkan pengunjung dan keluarga pasien dapat dengan bijak dalam menggunakan obat, agar dapat memberikan manfaat dan keamanan bagi pengguna.