INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD)


IGD RS Karima Utama memiliki Tim Dokter dan perawat yang terlatih dalam menangani kasus gawat darurat. Pelayanan IGD ditunjang oleh pelayanan Laboratorium, Radiologi dan Farmasi yang siap melayani 24 jam, serta ambulan siap pakai.

IGD RS Karima Utama memiliki 2 tempat tidur Resusitasi, 1 tempat tidur observasi, 2 tempat tidur tindakan bedah, 4 tempat tidur false emergency dan 1 ruangan isolasi. Instalasi Gawat Darurat beroperasi 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu.

Fasilitas IGD RSKU Meliputi:

 

  1. Defibrilator
  2. Bedside Monitor
  3. Pulse Oxymeter
  4. Nebulizer
  5. Monitor Tekanan Darah
  6. Elektrokardiografi (EKG)
  7. Peralatan & Obat-obatan Resusitasi
  8. Ambulance

 

PENANGANAN PASIEN IGD

Pemeriksaan

Saat masuk IGD perawat akan mengantar pasien ke tempat pemeriksaan dan menanyakan tentang gejala/gangguan yang diderita dan melakukan pemeriksaan tanda vital seperti nadi, tekanan darah, suhu tubuh, dan pernafasan. Dokter Jaga akan secepatnya mendatangi dan melakukan pemeriksaan, berikanlah informasi yang sejelas-jelasnya agar penyakit/gangguan yang ada alami segera diketahui. Petugas administrasi akan menanyakan mengenai data identitas, nomor rekam medik dan kartu asuransi (bila ada).

Penunjang Medis

Dalam rangka menegakkan diagnosa Dokter Jaga dapat meminta dilakukan pemeriksaan Laboratorium, Foto Rontgen, EKG dll.

Penanganan

Penanganan emergency akan segera dilakukan Dokter Jaga jika memang terdapat ditemukan temuan yang mengancam nyawa sedangkan penanganan definitif setelah diagnosis ditegakkan. Bila pasien memerlukan perawatan lanjutan maka akan ditempatkan pada Ruang Perawatan Umum atau Ruang Intensif tergantung keadaan pasien. Pasien/keluarganya akan diminta persetujuan perawatan untuk kamar perawatan dan Dokter yang akan merawat. Pasien yang tidak memerlukan perawatan akan dipulangkan setelah mendapatkan pengobatan

 

Hot line IGD RSKU: (0271) 783131