Seminar Dan Workshop Peningkatan Mutu Dan Keselamatan Pasien


Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan dan menjamin keselamatan pasien, maka Rumah Sakit perlu mempunyai program peningkatan mutu dan keselamatan pasien (PMKP) yang menjangkau keseluruh unit kerja Rumah Sakit. Untuk melaksanakan program tersebut tidaklah mudah, karena memerlukan koordinasi dan komunikasi yang baik antara Komite, Manajer, Supervisor, Case Manajer, Kepala Instalasi dan Kepala Ruang disemua bidang.

Kegiatan peningkatan mutu dan keselamatan pasien memerlukan regulasi yang didasarkan pada referensi ilmiah terkini. Karena ilmu pengetahuan terus berkembang, maka sesuaiĀ  Instrumen Survei SNARS Ed.1 dalam standar PMKP 3 menyatakan Rumah Sakit wajib mempunyai program pelatihan peningkatan mutu dan keselamatan pasien untuk pimpinan Rumah sakit dan semua Staf yang terlibat dalam pengumpulan, analisis dan validasi data mutu. Rumah Sakit mengidentifikasi dan menyediakan pelatih kompeten untuk pendidikan dan pelatihan PMKP. Pelatih yang kompeten merupakan pelatih yang telah pernah mengikuti pelatihan / workshop PMKP.

Berdasarkan acuan dari Instrumen Survei SNARS, maka RS Khusus Bedah Karima Utama Surakarta khususnya dari Komite PMKP telah meyelenggarakan program pelatihan PMKP untuk semua Pimpinan.

  • Acara Seminar dan Workshop PMKP diselenggarakan pada : hari Selasa tanggal 26 Februari 2019.
  • Pelatih Seminar dan Workshop PMKP : Direktur, Manajer dan Komite PMKP Sub Keselamatan Pasien
  • Peserta Seminar dan Workshop PMKP : Komite (Medis dan Keperawatan), Kepala Instalasi, Kepala Ruang, Suprevisor, Case Manajer.
  • Materi Seminar dan Workshop PMKP :
  1. Program Mutu Prioritas & Unit; Pemilihan, Pengumpulan, Analisa dan Validasi Data;
  2. PPK-CP; Indikator Kinerja Staf;
  3. Manajemen Risiko; Budaya Keselamatan;
  4. RCA; FMEA;

 

#KomitePMKPRSKU

#KomitePMKP

#PeningkatanMutu

#KeselamatanPasien